3 Penerapan Penting IoT Pada Smart City

Semakin majunya perkembangan zaman menjadikan sebagian kehidupan berubah menjadi berbasiskan teknologi, teknologi tersebut pula yang tentunya memberikan perubahan signifikan untuk kehidupan.

Salah satu contoh nyatanya ialah smart city, ialah sebuah konsep perkotaan yang menggunakan teknologi informasi maupun internet og things untuk mengelola ataupun meingkatkan berbagai aspek kehidupan pada sebuah tatanan perkotaan.

Dalam sebuah smart city berbagai infrastruktur dan sistem perkotaan dihubungkan secara digital dan saling terintegrasi satu dengan yang lainnya. Smart city juga mengelola sumber daya yang ada secara efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat maupun lembaga dalam melalukan berbagai kegiatannya dan juga memberikan antisipasi mengenai kejadian tak terduga.

Berikut 3 penerapan utama IoT pada smart city :

  • Pemantauan Lingkungan

IoT dapat digunakan untuk memantau kondisi lingkungan pada smart city. Sensor-sensor IoT dapat dipasang untuk mengukur bagaimana kualitas udara, kualitas air, kebisingan, dan parameter lingkungan lainnya. Data yang dihasilkan tersebut kemudian digunakan untuk memantau polusi, mengidentifikasi sumber polusi, dan mengambil langkah-langkah mitigasi yang diperlukan.

  • Transportasi Cerdas

Penerapan IoT dalam sistem transportasi untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang lalu lintas, parkir, dan transportasi umum. Sensor tersebut dipasang di jalan, kendaraan, dan infrastruktur transportasi lainnya untuk memantau dan mengelola lalu lintas secara real-time. Hal ini membantu mengoptimalkan arus lalu lintas, mengurangi kemacetan, meningkatkan keamanan, dan memperbaiki efisiensi transportasi.

  • Keamanan

IoT digunakan untuk keamanan dan pengawasan di smart city. Kamera keamanan yang terhubung dapat mengirimkan data dan memberikan informasi real-time kepada pihak berwenang. IoT juga dapat mendeteksi kejadian yang mencurigakan, seperti kebakaran atau gerakan yang mencurigakan, dan memberikan peringatan dini.

Copyrighted By PT Ravelware Technology Indonesia

Visit our web for our IoT Solution with our customized hardware and software

Website : http://www.ravelware.co

Leave a comment