Kaizen : 3 Manfaat Utama Just in Time Bagi Perusahaan

Just in time merupakan sebuah konsep dan pendekatan dalam manajemen rantai pasok yang memiliki tujuan untuk mengurangi persediaan dan mengoptimalkan efisiensi pada proses produksi. Konsep ini mengacu praktik memproduksi, mengirim dan menyediakan barang maupun layanan tepat pada waktunya untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Dalam sistem ini persediaan dijaga dengan tingkat yang sangat rendah atau bahkan dihilangkan sepenuhnya. Dengan kata lian produk maupun komponen yang diperlukan diproduksi ataupun dipesan hanya saat diperlukan oleh pelanggan atau tahap produksi berikutnya dalam aliran proses.

Tujuan utama konsep JIT adalah untuk menghindari pemborosan dan biaya yang terkait dengan penyimpanan maupun persediaan yang tidak perlu. Dengan konsep tersebut tentunya JIT memiliki berbagai macam manfaat seperti berikut :

  • Pemborosan Berkurang

Sistem JIT secara aktif berupaya untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan dalam proses produksi, seperti persediaan berlebih, waktu tunggu, pergerakan yang tidak perlu, atau pengolahan yang berlebihan. Ini membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keunggulan kompetitif.

  • Kualitas Meningkat

JIT mendorong fokus pada kualitas yang ketat dan pencegahan kesalahan. Dengan meminimalkan persediaan, setiap kesalahan produksi dapat dengan cepat diidentifikasi dan diperbaiki. Ini mengarah pada peningkatan kualitas produk dan mengurangi biaya yang terkait dengan cacat atau pengembalian.

  • Meningkatnya Kolaborasi

Manfaat selanjutnya ialah JIT memerlukan kerja sama yang erat dengan pemasok dan pelanggan. Dengan membangun hubungan yang kuat, informasi dapat dibagikan secara lebih efisien, permintaan dapat diperkirakan dengan lebih akurat, dan ketergantungan antara semua pihak dalam rantai pasok dapat dikurangi.

Dalam keseluruhan, konsep JIT dapat membantu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif dengan mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kualitas produk. Namun, implementasi JIT membutuhkan perencanaan yang matang, manajemen risiko yang baik, dan kerja sama yang kuat dengan semua pihak terkait dalam rantai pasok.

Copyrighted By PT Ravelware Technology Indonesia

Visit our web for our Kaizen Solution with our customized hardware and software

Website : http://www.ravelware.co

Leave a comment